Jenis-Jenis Batuan Alam Serta Fungsinya

Dewasa ini kebutuhan batu alam semakin meningkat dengan semakin majunya zaman dan keinginan masyarakat untuk mendapatkan hunian yang indah tanpa mengesampingkan aspek alami dan rasa sejuk alami yang ingin mereka dapatkan. Hal ini disebabkan batu alam memiliki karakteristik yang unik dan indah namun sebelum anda memutuskan untuk memasang batu alam di rumah yang Anda miliki sebaiknya Anda mengetahui jenis-jenis batu alam yang sedang tren dan banyak digunakan pada dinding ataupun lantai rumah.

Batu Andesit
Jenis batu ini banyak diaplikasikan pada dinding bagian luar seperti teras, dinding ataupun pagar, hal ini dikarenakan sifat batuan andesit mempunyai karakteristik yang kuat dan tahan terhadap segala jenis cuaca.

Batu Templek
Jenis batu alam ini merupakan jenis batu alam lempengan dengan ukuran acak tidak beraturan, batu alam templek sudah dikenal sejak zaman kemerdekaan hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya bangunan tua yang menggunakan.

Batu Palimanan
Batu alam Palimanan berasal dari daerah Palimanan Cirebon Jawa Barat dan sudah dikenal sejak tahun 1950-an, batu alam Palimanan dikenal dengan warna krem dengan serat seperti serat kayu yang berwarna coklat. Untuk pengaplikasiannya cocok untuk interior dan eksterior, sifat batu alam Palimanan yang lunak dapat dengan mudah kita kreasikan sesuai dengan model yang kita sukai sekarang ini batu alam Palimanan memiliki beberapa jenis yaitu batu alam Palimanan serat coklat, batu alam Palimanan serat kuning, batu alam Palimanan krem dan batu alam Palimanan boros atau gunung Budha.

Batu Candi
Batu alam Candi memiliki warna tekstur gelap dan cenderung hitam serta memiliki pori-pori yang besar warnanya yang genap terlihat sejuk banyak diaplikasikan di dinding bangunan. Kelemahan dari batu Candi ini ialah memiliki pori-pori besar sehingga ia mudah lumutan dan memerlukan perawatan yang khusus.

Batu Paras Jogja
Sesuai dengan namanya batu alam ini berasal dari Jawa Tengah memiliki corak warna putih yang cantik dan elegan selain berwarna putih batu paras Jogja juga ada yang berwarna krem. Sifat sehingga ia disukai oleh para pengrajin batu, kelemahan dari batu alam paras Jogja ini ialah mudah ditumbuhi lumut sehingga ia membutuhkan perawatan yang khusus.

Batu Hijau Sukabumi
Batu alam yang satu ini memiliki warna hijau dan berasal dari Sukabumi Jawa Barat warnanya yang hijau Banyak diaplikasikan di kolam renang atau dinding rumah.

Batu Alam Marmer Merah
Batu alam yang satu ini memiliki warna merah keemasan dan sudah dikenal sejak tahun 1930-an batu alam marmer merah ini banyak diaplikasikan di bagian interior dan eksterior.

Batu Marmer Ujung Pandang
Batu alam ini mempunyai kesan mewah dan berasal dari Makassar Sulawesi Selatan, batu marmer ujung pandang ini sudah dikenal sejak tahun 1980-an corak warna krem sering digunakan untuk lantai supaya terkesan Indah. Salah satu perusahaan penyuplai yaitu Fagetti, fagetti sebagai supplier marmer utama di Indonesia hadir menjawab segala kebutuhan marmer baik untuk lokal maupun mancanegara.

Batu Koral Sikat
Batu koral sikat adalah batu kerikil dengan bentuk bulat lonjong dan kurang beraturan batu jenis ini banyak digunakan untuk mempercantik bangunan seperti untuk lantai garasi atau karbon, selain daripada itu batu koral sikat juga sering digunakan ikan untuk filter air kolam renang atau kolam yang lainnya.

Facebook Comments

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *